NEWS & UPDATES

NEWS & UPDATES

Drilling Summit Expo 2022

Previous
Next

Oil Spill Combat Team Indonesia mendukung Drilling Summit SKKMIGAS tanggal 23 – 24 Maret 2022.

OSCT (Oil Spill Combat Team) Indonesia merupakan Pusat penanggulangan Tumpahan Minyak di Indonesia, dimana HQ terletak di Jawa Barat didukung dengan 6 stockpile base yang tersebar di wilayah Indonesia. Dan Saat ini kami juga beroperasi diluar Indonesia yaitu Thailand dan India.

Sebagai Pusat Penanggulangan Tumpahan Minyak Nasional dimana kami 100% perusahaan dalam negeri. Kami dilengkapi dengan lebih dari 44000 meter oil boom dan 4 giant octopus (skimmer terbesar di dunia), 122 skimmer, dan 200 personnel terlatih dgn jg izin dari Dirjen Perhubungan laut sebagai Pusat Penanggulangan Tumpahan Minyak, Perusahaan Penilaian dan konsultansi dan Perusahaan Pelatihan penanggulangan tumpahan minyak. Serta SKUP dari DITJEN MIGAS dan OSCT Bersertifikat Internasional oleh Nautical Institute sesuai Standar IMO.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki garis pantai sepanjang 81.000 km dan 70% dari wilayah Indonesia merupakan wilayah perairan yang terdiri dari laut teritorial, perairan kepulauan, dan perairan pedalaman. Dimana seperti kita ketahui bersama banyak sekali kegiatan diwilayah perairan Indonesia seperti kegiatan Oil & gas Production dan exploration, marine terminal, ship to ship, jalur pelayaran, dan kegiatan lainnya yang bisa kita bayangkan betapa besar resiko tumpahan minyak di wilayah peraiaran Indonesia.

Sebagai pusat penanggulangan tumpahan minyak terbesar di Indonesia & salah satu yang terbesar di dunia, ini adalah dasar dari misi kami untuk melindungi lingkungan alam terutama Indonesia Dan juga untuk mendukung target Pemerintah Indonesia menuju produksi minyak 1 juta barel per day dengan persiapan penanggulangan Tumpahan dan yang baik terutama pada operasi pengeboran explorasi atau development.

Saat ini OSCT Indonesia memiliki Sebagai Pusat penanggulangan tumpahan minyak kami memiliki lebih dari 44,000 meter oilboom, lebih dari 122 oil Skimmer serta 170 responder tersertifikasi dan terlatih, sehingga kami siap dan optimis dalam menanggulangi tumpahan minyak 2-3 kejadian.

Expert Kami berpengalaman menanggulangi tumpahan minyak lebih dari 35 tahun baik di wilayah perairan dan darat. Pengalaman OSCT di 3 tahun terakhir ini, kami menanggulangi tumpahan minyak major oil spill di pengeboran pengembangan di jawa barat / karawang dan pengeboran di darat di babelan atau selat panjang. Dan dengan kompetensi dan pengalaman OSCT dalam menanggulangi Tumpahan Minyak, kami juga di percaya untuk menanggulangi tumpahan minyak di luar Indonesia yaitu di China, Qatar dan Thailand.

OSCT Indonesia merupakan salah satu Pusat Penanggulangan Tumpahan Minyak tersebesar di Dunia. Ini cukup menarik bagi kami, bagaimana hubungan dan pencapaian OSCT secara International.

Kami merupakan salah satu pusat penanggulangan tumpahan minyak dengan stockpile base terbesar di dunia Saat ini. Di dukung dengan Expert yang telah diakui secara International dan memiliki pengalaman lebih dari 36 tahun.

Salah satunya Dr. Bayu Satya yang merupakan CEO kami yang mendapatkan penghargaan International Award Carthage dari pemerintah Itali, atas dedikasi dan kepedulian beliau atas lingkungan alam. Penghargaan ini ditujukan bagi mereka yang telah berkontribusi, secara lokal dan di seluruh dunia, untuk pengembangan dan penyebaran budaya dan pengetahuan.
Dr. Kofi Annan, SekJen PBB ketujuh, dan Dr. Giorgio Napolitano, Presiden Italia ke-11, adalah beberapa tokoh internasional yang telah menerima Penghargaan Internasional Carthage.

Selain itu, expert kami Bpk. Yodi merupakan orang asia pertama yang mendapatkan First Best Speaker di Symposium Petroleum Assosiation of Japan.

OSCT Indonesia bergabung dalam organisasi RITAG yaitu Regional oil Spill Response Organisations di Asia yang beranggotakan 8 Negara, yaitu Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, Jepang, China, Korea dan Indonesia

Dampak yang sangat krusial dalam kejadian tumpahan minyak jika tidak di dipersiapkan sebelumny dalam kondisi normal sehingga tidak dapat tanggulangi secara cepat dan tepat ialah dapat beresiko mengarah ke area sensitive, daerah pemukiman dan juga jika tumpahan minyak mengarah ke cross border ke negara lain untuk kegiatan oil & gas production maupun drilling yang berlokasi dekat dengan cross border. Penting sekali setiap perusahaan mempunyai persiapan yang baik dan sampai dengan mendapatkan persetujuan dari instansi terkait termasuk perhubungan laut dan skkmigas

Kami berharap untuk setiap kegiatan pengeboran baik di perairan dan darat untuk selalu meningkatkan awareness tentang pentingnya kesiapan penanggulangan tumpahan minyak, tidak hanya untuk memuhi aturan pemerintah tetapi juga didasari karena kepedulian untuk kita sama-sama melindungi wilayah Indonesia yang memiliki begitu banyak lingkungan kekayaan alam yang perlu dilindungi bersama.

Share this article on :

Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp